Rabu, 22 Mei 2013

Go Green Live Green, Biasakan Hidup Sehat


Assalamualaikum wr.wb     

Kita tentu telah mengetahui bahwa pada zaman sekarang ini dimana teknologi semakin berkembang  dan semakin canggih. Berkembangnya teknologi tersebut pada dasarnya di ciptakan oleh manusia dengan tujuan untuk mempermudah aktivitas sehari-hari. Akan tetapi di sisi lain dari berkembangnya teknologi tersebut juga memiliki dampak negatif karena tidak diiringi dengan kebijakan dalam penggunaannya, dan akibatnya semakin banyak efek negatif yang muncul, seperti berbagi macam penyakit yang menyerang kesehatan kita seperti kanker dan penyakit lainnya.

Selain itu akibat dari pesatnya teknologi banyak sekali sumber daya yang dieksploitasi, yang berakibat rusaknya ekosistem hutan sehingga mengurangi kemampuannya untuk menyerap karbon dioksida (CO2) di amosfer, dan akhirnya semua itu yang mengakibakan terjadinya pemanasan global atau sering disebut dengan Global Warming.

Saat ini bnyak sekali program-program yang dilakukan dalam rangka menangggulangi permasalahan tersebut. Mungkin kalian sudah akrab dengan kata " Go Green", tapi apakan kalian tau apa arti dari Go Green itu, dan apakan kalian sudah melakukannya?

       Secara sedaerhana Go Green merupakan gerakan peduli lingkungan. Gerakan ini bukan sekedar gerakan moral dalam membangun kesadaran terhadap lingkungan, tetapi juga merupakan gerakan guna mengantisipasi perubahan iklim di masa sekarang dan di masa yang akan datang.

Sekarang ini marak sekali program Go geen yang dilaksanakan oleh masyarakat, seperti yang baru-baru ini terjadi di Aceh, Para buruh yang usai melakukan aksi demo dalam memperingati hari buruh sedunia, melanjutkan aksinya dengan aksi go green dengan melakukan penanaman pohon. Selain itu ada pula calon legislatif DKI Jakarta yang berkampanye dengan melakukan aksi go green.

Kita pun tentu perlu berpartisipasi dalam aksi Go Green, walaupun hanya berupa tindakan-tindakan sederhana.Beberapa contoh tindakan Go Green sederhana yang dapat kita biasakan adalah:

·        Menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan
Seperti mengurangi pemakaian kantong plastik, karena plastik susah sekali terurai oleh tanah.    Alangklah baiknya kita menggunakan paper bag, atau apabila ingin berbelanja lebih baik membawa tas sendiri dari rumah.

·        Melakukan penghematan dalam menggunakan bahan bakar
Kita tahu bahwa bahan bakar minyak pada akhirnya akan habis, karena bahan bakar minyak tersebut tidak dapat diperbaharui. Oleh karena itu marilah kita membiasakan hidup hemat bahan bakar.

·        Melakukan penanaman pohon
Setiap tahunnya bnyak sekali pohon yang ditebang untuk kepentingan manusia, akan tetapi hal tersebut tidak Maka dari idiiringin dengan pembaharuannya dengan menanamnya kembali. Padalah untuk bisa tumbuh besar, sebuah pohon memrlukan waktu yang sangat panjang.
 Maka dari itu , marilah kita melakukan penanaman pohon. Dengan menanam satu pohon saja, secara tidak langsung kita sudah ikut menyumbangkan tenaga kita untuk menyelamatkan  ekosistem 

·        Membuang sampah pada tempatnya dan sesuai dengan jenisnya
Ketika kita membuang sampah lebih baik kita membuangnya secara terpisah untuk sampah kering (sampah anorganik) dan sampah basah (sampah organik). Saat ini pun sudah banyak tempat sampah yang bertuliskan label jenis sampahnya.

Dengan melakukan beberapa gerakan Go Green tersebut, secara tidak langsung kita telah ikut serta dalam gerakan peduli lingkungan. “Let’s Go Green!!”

Ayo Selamatkan Bumi Kita!! :)

Terima Kasih



http://ghaniarasyid.wordpress.com/2008/05/05/go-green-save-earth-movement/
http://acehterkini.com/usai-aksi-may-day-buruh-di-aceh-tanam-pohon/
http://www.tempo.co/read/beritafoto/6703/Caleg-Artis-PKB-Usung-Aksi-Go-Green-di-Kanal-Banjir-Timur/4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar