Kamis, 23 Mei 2013

Berbagi Tak Akan Menjadikanmu Merugi



Assalamualaikum wr.wb, 

Setiap manusia tentu di anugerahi nikmat oleh Alah SWT. nikmat itu berupa nikmat sehat,nikmat iman dan nikmat rezeki, tapi apakah nikmat itu secara keseluruhan diberkan oleh Allah hanya untuk kepentingan diri kita pribadi??
Jawabannya tentu tidak. Karena sesunguhnya segala sesuatu yang diberikan oleh Allah hanyalah titipan semata, dan semua itu pad akhirnya akan kembali lagi kepada Nya.

Picture from: http://kolomkita.detik.com/upload/kids-sharing.jpg
Dari beberapa nikmat yang diberikan oleh Allah, nikmat rezekilah yang biasanya selalu banyak dicari oleh kita. Karena rezeki merupakan salah satu bagian dalam memenuhi kebutuhan hidup kita. Akan tetapi banyak sekali dari kita yang telah mendapatkan rezeki hanya mengalokasikannya untuk kepentingan pribadi, seperti untuk membeli kebutuhan atau barang-barang yang kita inginkan. Padahal masih banyak saudara-saudara kita yang lain masih sangat kekurangan.

Mungkin beberapa dari kita enggan berbagi rezeki dengan orang lain diakibatkan adanya perasaan yang takut akan kerugian. Kita selalu merasakan kekurangan dengan apa yang telah kiat dapatkan, sehingga untuk memnuhi kebutuhan pribadi saja masih kurang, apalagi berbagi dengan orang lain. Padahal dari sebagian rezeki yang kita dapatkan ada hak-hak untuk mereka yang kurang mampu.

Kita selaku umat yang beriman tentunya enggan disebut sebagai seorang yang rakus atau tamak, karena itu merupakan salah satu sifat setan. Orang yang rakus akan harta dan enggan berbagi sama halnya diibaratkan seperti seekor babi. Tentunya kita tidak ingin disamakan dengan seekor babi bukan?

Maka dari itu hendaklah apabila kita mendapatkan sesuatu yang sekiranya berlebih alangkah baiknya kita dapat berbagi dengan orang lain. Karena sesungguhnya berbagi itu indah, selain itu berbagi juga menghilangkan rasa jenuh akan kesendirian, misalnya dalam hal memainkan sebuah mainan , tentu akan sangat membosankan bukan apabila kita hanya bermain sendirian? hal yang serupa pun terjadi saat kita menikmati makanan, pasti sangat membosankan apabila kita menikmati makanan yang lezat hanya seorang diri, pasti kita ingin ada yang menemani dan bisa di ajak untuk berbagi.

Hidup ini bukan mengenai apa yang kita miliki atau mapu lakukan, tapi hidup adalah apa yang kita pilih untuk lakukan.
Berbagi dengan apa yang kita miliki adalah sebuah kebaikan yang sangat bijak. Karena dengan berbagi tidak akan menjadikanmua merugi. :)

Terima kasih

Referensi
http://berbagi-itu-nikmat.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar